Membangun Backlink Untuk Meningkatkan SEO


Sebenarnya jika banyak link balik (Link Inbound) datang ke situs Anda dengan cara alami, merupakan suatu keberhasilan dalam menerapkan SEO secara baik dan relevan namun kualitas backlink tambahan selalu diterima sejauh kita membangun dengan cara-cara yang ilegal.

Berikut ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh para blogger dan tentunya cara ini diizinkan :

1 Alat-alat Backlink Builder
Ketika Anda memasukkan kata kunci pilihan Anda, alat Backlink Builder memberi Anda daftar situs yang relevan dari mana Anda mungkin akan mendapatkan beberapa link balik.

2. Pastikan Website anda Tercantum dalam Direktori
Jika anda serius untuk membangun back link yang  berkualitas, memastikan keberadaan Web Anda dalam direktori seperti DMOZ dan Yahoo adalah suatu keharusan, bukan hanya karena ini adalah cara untuk mendapatkan backlink berkualitas secara gratis, tetapi juga karena cara ini mudah bagi sebuah website untuk mendapat perhatian oleh kedua mesin pencari dan pengunjung potensial. Umumnya disertakan dalam direktori pencarian secara bebas tetapi kadang Anda harus menunggu beberapa bulan sebelum Anda dimasukan dalam daftar kategori pilihan Anda, tentunya anda harus bersabar.

3. Forum dan Article Direktori
Pada umumnya indeks mesin pencari forum menjadi postingan di forum dan blog yang juga merupakan cara untuk mendapatkan backlink berkualitas dengan linkaran teks yang Anda inginkan. Forum atau blog merupakan salah satu cara mendapatkan link inbound yang dihormati, juga backlink yang berharga.
Namun, dalam beberapa kasus administrator forum atau blog dapat mengedit posting Anda, atau bahkan menghapusnya jika tidak cocok dengan kebijakan forum atau blog. Juga, kadang-kadang administrator tidak mengijinkan link dalam posting, kecuali mereka yang relevan.
Dalam beberapa kasus namun jarang terjadi (yang lebih merupakan pengecualian dari aturan) pemilik forum atau blog akan telah melarang mesin pencari mengindeks dan dalam kasus ini posting link balik menjadi tidak ada gunanya.

4 RSS Feed
Anda dapat menawarkan RSS feed untuk situs yang tertarik secara gratis, ketika situs lain menerbitkan RSS feed Anda akan mendapatkan backlink ke situs Anda dan berpotensi mendapatkan banyak pengunjung, yang akan datang ke situs Anda untuk rincian lebih lanjut tentang judul dan abstrak yang mereka baca di situs lain yang mengambil RSS feed pada blog anda.

5 Program Afiliasi
Mengikuti program afiliasi juga sangat baik dalam rangka mendapatkan lebih banyak pengunjung atau pembeli sekaligus dan akan membangun backlink yang berkualitas namun mereka cenderung menjadi cara yang  mahal karena umumnya komisi afiliasi sangat kecil pada kisaran 10 sampai 30%. Tapi jika Anda memiliki program afiliasi, mengapa tidak menggunakannya untuk mendapatkan kualitas link balik secara gratis dan menguntungkan…?

6 Pengumuman Berita dan melakukan Siaran Pers
Meskipun cara ini tidak bisa dilakukan setiap hari untuk membangun backlink, namun ini merupakan cara pendekatan yang memberikan hasil yang baik, jika ditangani dengan benar tentunya. Ada banyak situs yang mempublikasikan pengumuman berita dan siaran pers secara gratis atau hanya mengenakann biaya yang kecil.

Siaran pers secara profesional dan menulis berita tentang peristiwa penting dapat membawa banyak pengunjung dan backlink dari situs yang dihormati ke situs atau blog anda, ini juga jalan yang cepat dan instant yang baik untuk usaha SEO.

Bagian tersulit adalah bahwa Anda tidak dapat melepaskan siaran pers jika tidak ada yang layak untuk diberitakan. Itulah sebabnya kita mengatakan bahwa pengumuman berita dan siaran pers bukan cara untuk membangun backlink komoditas untuk dapat dilakukan setiap hari.

2 comments:

rafi malika rahman mengatakan...

setuju dengan pendapat bapak, memang usaha untuk melakukan backlink harus sealami mungkin, dan memang seo membutuhkan kesabaran
sala,

kuceng21 mengatakan...

Thanks infonya gan, :D

Posting Komentar

Silahkan jika ada pertanyaan dan beri tanggapan anda dengan berkomentar disini ...