Meningkatkan Omset Toko Online


Salah satu peluang bisnis di internet yang saat ini marak dijalankan adalah toko online. Beraneka ragam produk mulai dari pakaian, tas, sepatu, makanan dan minuman, serta kebutuhan pokok lainnya ditawarkan secara online melalui website, blog, facebook, twitter, dan situs jejaring lainnya. Adanya kemudahan fasilitas yang tersedia di internet tentunya memberikan keuntungan khusus bagi para pelaku bisnis online, sehingga tidak heran bila semakin hari jumlah blogger yang membuka toko online mengalami lonjakan yang cukup pesat.

Meskipun saat ini jumlah pelaku bisnis toko online terus bertambah banyak, namun ternyata tidak semuanya bisa berhasil menjalankan usahanya hingga mencapai puncak kesuksesan. Sebagian besar dari mereka mungkin ada yang sukses mendatangkan omset ratusan juta rupiah setiap bulannya, namun tidak sedikit pula jumlah pemula yang situs toko onlinenya masih sepi dari kunjungan konsumen sampai akhirnya harus ditutup karena tidak ada pemasukan yang didapatkan.

Oleh karena itu, berikut adalah beberapa cara meningkatkan omset toko online yang bisa Anda praktekan dirumah.
Pertama, daftarkan website toko online Anda di social networking. Keberadaan situs jejaring sosial (social networking) ternyata cukup efektif untuk menggiring massa dan mempromosikan bisnis Anda ke masyarakat luas. Buatlah akun dengan nama toko online Anda di berbagai situs seperti facebook, twitter, LinkedIn, Google Plus, dan lain sebagainya. Setelah itu Anda bisa meng-update link produk dari website Anda ke situs-situs pertemanan tersebut, selain itu Anda juga bisa mengupload foto dan menyebarkannya ke semua konsumen yang bergabung di situs Anda. Dengan begitu, produk Anda bisa dikenali banyak orang dan semakin besar pula peluang yang Anda ciptakan untuk mendatangkan pemasukan setiap bulannya.

Kedua
, bergabunglah di web direktori lokal maupun internasional. Sekarang ini sudah banyak website-website yang menawarkan program direktori bagi para pelaku bisnis online. Salah satunya yaitu bisnisukm.com yang memberikan program direktori member gratis bagi para pelaku usaha yang ingin mempromosikan produk unggulannya dan perusahaan yang mereka miliki. Tentunya ini bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan traffic kunjungan website toko online Anda.

Ketiga, optimalkan penggunaan SEO. Dalam menjalankan bisnis online, dukungan SEO menjadi salah satu faktor penentu untuk meningkatkan posisi website di halaman pertama mesin pencarian (Google). Karenanya, pilihlah keyword yang banyak dicari pengguna internet agar website Anda mudah ditemukan mesin pencarian. Misalnya saja menggunakan kata kunci Toko Online, Butik Online, Baju Online, dan masih banyak lagi keyword menarik lainnya. Semakin banyak jumlah pencarian setiap harinya, maka semakin sering pula website toko online Anda dikunjungi calon konsumen.

Keempat, permudah pembelian dengan shopping cart (keranjang belanja). Untuk mempermudah konsumen Anda dalam berbelanja, sediakan shopping cart untuk memasukan item produk yang akan mereka beli. Pastikan semua produk yang dipilih bisa tercatat dengan baik dan prosesnya tidak mempersulit calon konsumen. Sebab, bila prosesnya tertalu rumit dan berbelit-belit biasanya hanya akan membuat konsumen mengurungkan niatnya untuk berbelanja di toko online Anda.

Kelima, cantumkan contact person Anda dengan lengkap. Salah satu poin penting yang perlu Anda perhatikan yaitu, meyakinkan konsumen untuk berbelanja di tempat Anda. Sampai hari ini masih banyak kasus penipuan yang terjadi melalui internet, karena itu tidak sedikit konsumen yang kurang percaya untuk bertransaksi secara online. Maka dari itu, yakinkan konsumen dengan mencantumkan data diri Anda secara lengkap serta contact person Anda yang bisa mereka hubungi. Misalnya saja seperti no telepon, alamat perusahaan, alamat email, pin BB, dan lain-lain.

Nah, setelah membahas tips sukses menjalankan bisnis online, kini saatnya Anda menerapkannya langsung dalam usaha Anda. Semoga bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan membantu para pemula yang tertarik menekuni bisnis toko online. Selamat berkarya dan salam sukses.

Manfaat Internal Link Bagi Blog

Pada dasarnya ada banyak cara yang bisa kita gunakan untuk mengoptimasi keberadaan situs Blog yang kita miliki. Salah satunya dengan memanfaatkan internal link building untuk mendongkrak page view (seberapa sering halaman blog Anda dibuka konsumen) maupun meningkatkan pagerank yang dimiliki situs blog Anda.

Seperti kita ketahui bersama, keberadaan internal link memang sangat membantu para pelaku bisnis online untuk mempromosikan situs blog yang mereka miliki. Melalui kegiatan internal link building, para blogger bisa menautkan atau menghubungkan link di sebuah halaman dengan konten artikel di halaman lain yang tentunya masih saling bertautan dan terhubung dalam satu blog (domain).

Strategi ini banyak dipilih para blogger karena caranya yang terbilang mudah dan manfaatnya cukuplah besar bagi para pengunjung maupun membantu robot search engine dalam mengindex keberadaan blog Anda. Karena itu, sebelum Anda mencoba menerapkannya dalam menjalankan bisnis online. Pada kesempatan kali ini akan kami informasikan beberapa manfaat internal link bagi blog Anda yang bisa dimanfaatkan untuk mendukung strategi promosi bisnis online.

  1. Manfaat internal link yang pertama yaitu sebagai pendongkrak artikel yang memiliki rangking kurang bagus. Ketika Anda menautkan link artikel ke postingan artikel lainnya yang memiliki rangking lebih tinggi, maka halaman artikel yang rangkingnya kurang bagus bisa ikut terdongkrak sehingga halaman yang kurang bagus tersebut bisa tetap bersaing di halaman index search engine.
  2. Memudahkan konsumen untuk mengetahui informasi lainnya yang masih terkait dengan konten artikel yang Anda postingkan. Misalnya saja Anda mempostingkan informasi tips sukses dalam membangun bisnis, maka Anda bisa menyisipkan internal link tentang strategi pemasaran yang efektif, cara mendapatkan modal usaha, ataupun cara memulai usaha dari nol, dan lain sebagainya. Dengan menyajikan informasi yang saling terkait, maka konsumen merasa terbantu dan dimudahkan tanpa harus repot-repot searching lagi.
  3. Manfaat yang ketiga yaitu sebagai penyelaras kata kunci (keyword) yang tersebar dalam blog Anda. Keberadaan internal link sangat berguna untuk menghubungkan link di halaman yang satu ke halaman yang lain, sehingga tercipta relevansi yang memudahkan konsumen maupun robot search engine untuk mengindex keberadaan blog Anda.
Nah, setelah mengetahui besarnya manfaat internal link. Kini saatnya Anda mengaplikasikannya langsung untuk meningkatkan pagerank blog yang Anda miliki. Semoga informasi tips singkat mengenai bisnis online ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan membantu para pelaku bisnis di internet untuk mulai mengoptimalkan blog mereka.

Promosikan Blog Dengan Email Marketing


Tak bisa dipungkiri bahwa meningkatnya jumlah pengguna internet setiap harinya, selalu diiringi kemunculan para blogger baru yang ingin ikut ambil bagian meraih sukses di dunia maya. Hal ini tentunya membuat persaingan bisnis di internet kian hari juga semakin padat. Oleh karenanya para blogger harus berjuang keras dan saling berlomba untuk mempromosikan alamat situs mereka ke masyarakat luas, sebelum akhirnya menawarkan produk unggulan yang mereka miliki kepada para konsumennya.

Salah satu strategi yang dapat digunakan para blogger untuk promosi blog ke masyarakat luas yaitu dengan menggunakan email marketing. Apa itu email marketing? Yang dimaksud dengan email marketing adalah surat elektronik (email) yang sengaja dikirimkan seorang blogger untuk mempromosikan blog atau mengenalkan brand yang mereka miliki kepada calon konsumen. Biasanya email marketing berisi penawaran produk, informasi atau tips, serta produk  gratis (bisa berupa ebook atau software) yang sengaja dikirimkan para blogger untuk menciptakan loyalitas konsumen.

Meskipun keberadaan email marketing sangat membantu kegiatan promosi bisnis online, namun untuk bisa sukses melakukan email marketing ternyata tidak semudah yang dibayangkan banyak orang. Karena sampai hari ini, terbukti masih banyak konsumen yang belum tertarik untuk membaca kiriman email marketing dari beberapa blogger, sehingga promosi yang dilakukannya juga belum optimal.

Untuk mengantisipasi kemungkinan tersebut, mari kita bahas bersama hal-hal yang perlu diperhatikan para blogger, agar email marketing yang kita buat dapat menarik minat konsumen untuk membuka, membaca, dan membeli produk yang ditawarkan.

Pertama, buat judul yang menjual. Untuk memancing konsumen tertarik membuka kiriman email Anda, maka sebaiknya buatlah judul yang benar-benar menjual. Hal ini akan membuat para pembaca penasaran, sehingga mereka tertarik untuk membaca isi dari email tersebut. Selain itu, cantumkan pula judul email pada kolom subject. Sehingga para pembaca bisa membedakan manakah email yang benar-benar bermanfaat, dan mana email spam.

Kedua, tawarkan isi yang menarik. Selain judulnya yang menjual, lengkapi isi email dengan sesuatu yang menarik. Pastikan juga isi email Anda mudah dipahami para pembaca. Sehingga para pembaca tertarik membaca email Anda sampai selesai, tidak hanya membacanya sekilas lalu menghapusnya. Selanjutnya, gunakan bahasa yang bisa mengakrabkan Anda dengan para konsumen. Agar email marketing Anda tidak dianggap spam oleh para konsumen.

Ketiga, berikan tips atau produk gratisan secara berkala. Disamping menginformasikan produk-produk yang Anda miliki, tidak ada salahnya bila Anda memberikan tips atau ebook gratis bagi para konsumen secara berkala. Kegiatan ini akan membuat para konsumen selalu tertarik untuk membuka, membaca, dan menyimpan kiriman email dari Anda. Sehingga loyalitas konsumen pun juga semakin terbangun, dari informasi yang Anda berikan.

Keempat, letakan link dengan tepat. Sebagian besar pelaku bisnis online tidak terlalu mementingkan letak link yang dicantumkan. Sehingga tak jarang pembaca malas membaca kiriman email sampai selesai, karena peletakan link yang kurang tepat bisa merusak minat pembaca.

Sebaiknya jika link Anda cukup panjang, maka letakan alamat link di bagian akhir setelah informasi selesai disampaikan. Jadi, konsumen bisa membaca isi email hingga selesai sebelum akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan penawaran yang Anda berikan.

Semakin banyak orang yang tertarik membuka email marketing dari Anda, maka semakin besar pula peluang yang Anda ciptakan untuk mempromosikan sebuah blog. Oleh karena itu, buatlah email marketing yang sebaik mungkin, agar jalan menuju kesuksesan bagi blog Anda juga semakin terbuka lebar.  Selalu lakukan yang terbaik, untuk mendapatkan hasil yang terbaik pula.

Sekian dulu informasi tentang promosikan blog Anda dengan email marketing yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca dan bisa membantu para blogger dalam meningkatkan penjualan produknya. Selamat berkarya dan salam sukses.

Cara Sukses Membuka Toko Online


Saat ini banyak para pelaku usaha yang menggunakan fasilitas internet untuk menjalankan usahanya.  Salah satu peluang usaha yang dapat dijalankan dengan fasilitas internet yaitu toko online. Yang dimaksud dengan toko online yaitu berjualan produk atau jasa namun dalam memasarkannya menggunakan internet, biasanya dengan menggunakan website atau menggunakan blog maupun jejaring social yang memiliki banyak pengunjung.

Para pelaku usaha memilih menjalankan usahanya dengan cara online, karena dengan internet dapat menjangkau pasar yang lebih luas daripada jangkauan pasar toko offline. Selain itu bisnis online tidak membutuhkan modal yang terlalu besar, karena tidak memerlukan biaya tempat ataupun biaya peralatan sebesar toko offline.

Namun walaupun terlihat mudah, untuk menjalankan toko online juga diperlukan ketekunan, keseriusan dan fokus yang sama besar dengan menjalankan toko offline. Berikut beberapa tips cara sukses membuka toko online, yang dapat Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan dalam menjalankan usaha toko online:
  1. Seperti halnya membuka toko offline, toko online juga membutuhkan tempat yang strategis untuk memasarkan produknya. Untuk bisnis online, Anda dapat memilih tempat usaha yang gratis ataupun usaha yang berbayar. Tempat gratis misalnya saja menggunakan fasilitas blog untuk membuka toko online.
  2. Dalam menjalankan toko online, buatlah desain website atau blog yang digunakan sebagai tempat berjualan semenarik mungkin. Sehingga para konsumen merasa senang dan nyaman dengan tempat usaha kita, seperti mereka masuk ke dalam toko offline yang display tempatnya menarik, rapi, dan memberikan kenyamanan pada konsumen.
  3. Walapun toko online tidak melayani konsumen dengan bertatap muka langsung, namun pelayanan yang diberikan tetap sama  bertujuan memberikan kepuasan terhadap konsumennya. Salah satu caranya dengan menyediakan fasilitas pelayanan chating online ataupun layanan call center.
  4. Banyaknya kasus penipuan melalui internet, menjadikan para konsumen tidak mudah percaya dengan jual beli melalui internet. Untuk menjaga kepercayaan konsumen terhadap toko online, sebaiknya cantumkan alamat email, nomor telpon serta alamat lengkap yang dapat dihubungi para konsumen, sehingga para konsumen dapat menanyakan langsung informasi yang dibutuhkan.
  5. Untuk menambah kepercayaan konsumen baru, buatlah kotak testimooni yang menampung pertanyaan konsumen serta komentar para pembeli yang telah  menerima produk pesanannya. Hal ini juga dapat dijadikan sebagai bukti, bahwa toko online Anda benar – benar mengirimkan barang yang telah dipesan konsumen.
  6. Untuk pelayanan pembayaran, sediakan fasilitas pembayaran dengan mencantumkan nomor rekening bank yang memiliki jaringan luas atau yang memiliki nasabah banyak. Karena konsumen akan lebih senang jika melakukan pembayaran melalui rekening bank ang sama dengan bank mereka. Misalnya saja bank Mandiri, BNI, atau BCA.
  7. Selanjutnya yaitu proses pengiriman produk. Karena melalui online, pengiriman produk menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan para pelaku usaha. Dari mulai kemasan yang menarik namun memberikan segi keamanan barang, agar tidak rusak sampai tempat tujuan. Kemudian pastikan jasa kurir atau pengirim yang Anda gunakan, memiliki waktu pengiriman lebih cepat dari yang lainnya. Sehingga para konsumen tidak lama menunggu, dan berikan kepastian kepada konsumen berapa lama pesanan akan tiba di alamat mereka.
  8. Lakukan promosi untuk toko online Anda, gunakan SEO untuk membantu meningkatkan kunjungan pada website toko online Anda. Selain itu Anda juga bisa memasang iklan baris ataupun iklan baner pada situs – situs yang telah memiliki banyak pengunjung. Baik itu iklan gratis maupun iklan berbayar.
  9. Selalu ramah, sabar dan konsisten dalam memberikan informasi yang dibutuhkan para konsumen. Kepuasan pelanggan adalah jalan Anda menuju kesuksesan, untuk itu jangan pernah kecewakan para konsumen.
Semoga dengan artikel kali ini dapat membantu Anda yang sedang akan mencoba maupun yang telah menjalankan usaha tersebut. Peluang sukses dengan bisnis online masih terbuka lebar bagi Anda. Salam sukses.

Usaha Online Bagi Ibu Rumah Tangga

Mencari Peluang Usaha Bagi Para Ibu di Rumah


Pusing, bingung bagaimana cara mengatur uang bulanan agar cukup untuk kebutuhan satu bulan kedepan sampai waktu gajihan tiba tanpa harus mencari pinjaman”

Begitulah biasanya keluhan para ibu dirumah yang acapkali bingung mengatur keuangan rumah tangga. Jangankan untuk membeli barang-barang yang diinginkan atau menyisihkan uang untuk menabung, untuk membagi pengalokasian uang  agar mencukupi kebutuhan pokok seluruh anggota keluarga termasuk biaya pendidikan anak-anak saja cukup membuat kepala pusing.

Saat ini cukup banyak wanita atau ibu rumah tangga yang ingin sekali bekerja, berbisnis dan menghasilkan uang. Dengan beragam alasan, salah satu diantarnya dalam rangka membantu suami. Karena  penghasilan suami kurang mencukupi dalam memenuhi kebutuhan hidup yang semakin banyak, dan terus merangkak naik seiring dengan semakin melambungnya harga barang-barang kebutuhan pokok. Sementara para ibu ini sudah berusaha semaksimal mungkin mengatur keuangan dan merencanakan pengeluaran agar mencukupi kebutuhan hidup sekeluarga selama satu bulan kedepan.

Namun seringkali tidak mudah untuk mewujudkan keinginan tersebut, salah satu alasannya diantaranya adalah karena tuntutan dan kewajiban sebagai istri dan ibu (yang merupakan pendidik utama anak-anak) yang mengharuskan ibu untuk selalu berada dirumah, untuk mendampingi anak-anak . Disamping juga tidak mudah menemukan ide bisnis yang sesuai dengan kemampuan, modal yang minim dan bisa dilakukan dirumah dengan mudah.

Nah bagi ibu-ibu yang memiliki masalah ini, bekerja dari rumah bisa menjadi solusinya. Saat ini dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, ingin menjalankan bisnis apapun menjadi sangat memungkinkan. Meskipun dari rumah, tanpa meninggalkan tugas dan kewajiban utama sebagai ibu rumah tangga. Kemudahan teknologi menyediakan begitu banyak fasilitas gratis, semakin memudahkan impian para ibu untuk menghasilkan uang dari rumah. Sehingga dengan modal minimal, pengalaman minimal, bisnispun bisa dijalankan dari rumah.

Salah satu cara yang cukup mudah untuk menghasilkan uang atau berbisnis dari rumah adalah dengan melakukan bisnis online.
Apa sih bisnis online itu? Sederhananya Bisnis atau cara menghasilkan uang yang bisa dilakukan secara online. Maksudnya memiliki usaha dan melakukan pembelian dan penjualan dengan menggunakan fasilitas internet, sehingga memungkinkan kita melakukan trnasaksi jual beli tanpa harus bertatap muka, dan tentu saja tanpa harus keluar rumah.

Ada begitu banyak ragam bisnis online yang bisa kita manfaatkan untuk menghasilkan uang, mulai dari menjadi affiliate dari beragam situs-situs terkenal, reseller, toko online, atau kegiatan tulis menulis seperti : freelance writer (pengisi konten website), copywriter, membuat ebook, membuat buku, menjadi blogger (menghasilkan uang dengan blog), job karier lewat internet,atau lowongan kerja online, advertising (periklanan), designer web, theme, publisher iklan, publisher buku, dan masih banyak ragam jenis bisnis lainnya.

Hendaknya Anda menentukan salah satu jenis bisnis yang hendak Anda tekuni sesuai dengan minat dan kemampuan Anda. Kemudian fokuslah untuk melakoninya, jangan sampai Anda memilih banyak jenis pekerjaan yang akan dilakukan karena Anda akan kehilangan fokus, dan akan memperlambat tumbuh kembang bisnis yang akan Anda jalankan. Sehingga sebelum Anda menikmati hasil pekerjaan Anda, Anda akan keburu jenuh, bosan karena sudah lama menjalankan bisnis tersebut namun penghasilan tidak memadai atau malah membuat Anda defisit. Karena dengan fokus Anda tidak akan membagi energi dan konsentrasi Anda. Sehingga Anda akan terus berusaha menaiki anak tangga demi anak tangga menuju keberhasilan.

Selamat mencoba…!

Peluang Sukses Menjadi Publisher Iklan

Publisher iklan di internet

Yang dimaksud dengan publisher iklan adalah memasang iklan milik orang lain di website atau blog Anda. Sehingga bila ada pengunjung yang melihat atau mengklik iklan yang terpasang di halaman web atau blog Anda, maka secara tidak langsung Anda telah mengumpulkan pundi – pundi uang. Sistem pengiklanan dan besarnya pendapatan yang diperoleh publisher, biasanya berbeda – beda untuk tiap agen iklan, karena disesuaikan dengan perjanjian yang ada.

Menjadi publisher iklan melalui internet merupakan salah satu bisnis online yang disukai oleh banyak orang. Caranya yang cukup mudah dan modalnya yang relative kecil memberikan keuntungan bagi para pelaku bisnis tersebut. Bukan hanya itu saja, bahkan bisnis ini bisa dijalankan dengan menggunakan layanan website atau blog gratisan. Namun untuk memperoleh hasil yang maksimal, Anda dapat menggunakan domain, hosting atau website yang berbayar.

Contoh agen iklan yang sudah sangat terkenal adalah Google adsense, program yang dibuat Google ini telah memiliki ribuan bahkan puluhan ribu publisher iklan yang bergabung dengan agen iklan tersebut. Kesuksesan para anggota Google adsense dalam menjalankan bisnis publisher iklan, semakin menarik minat masyarakat yang sedang mencoba peluang bisnis online. Seiring dengan berjalannya waktu, bukan hanya Google saja yang menjalankan bisnis publisher iklan. Situs jejaring social yang sudah sangat besar, seperti facebook dan twitter pun juga menjalankan bisnis publisher iklan untuk memperoleh tambahan pendapatan bisnis online mereka.

Besarnya peluang sukses menjadi publisher iklan juga dimanfaatkan oleh sebagian besar masyarakat di negara kita, buktinya saat ini sudah banyak agen – agen iklan serta publisher iklan yang ada di Indonesia. Bagi Anda yang tertarik menjadi publisher iklan, berikut kami berikan gambaran mengenai proses kerja bisnis publisher iklan :

1. Produsen suatu produk membutuhkan pemasaran online untuk meningkatkan penjualan. Sehingga mereka mengiklankan website dan blog yang mereka miliki, agar  ramai dikunjungi konsumen.

2. Kebanyakan produsen akan menggunakan jasa agen iklan untuk menyebarkan iklan produk mereka. Biasanya agen iklan akan dibayar dengan nilai tertentu untuk setiap pengunjung yang datang ke situs produsen karena klik pada iklan yang dipasang di situs atau blog tertentu.

3. Untuk memudahkan penyebaran iklan, agen iklan selanjutnya menawarkan kepada publisher iklan untuk membantu menyebarkan iklan suatu produk. Dengan memasang iklan tersebut pada blog atau web publisher iklan, setiap pengunjung yang didatangkan akan menghasilkan komisi bagi publisher iklan. Besar komisi sesuai dengan perjanjian dengan agen iklan.

4. Jika publisher iklan sudah memasang iklan yang ditawarkan agen, maka bila ada pengunjung yang datang ke web atau blog publisher iklan dan mengklik iklan tersebut. Konsumenpun akan langsung masuk di situs produsen, sehingga pemasaran produk meningkat.

Cukup mudah bukan??? Hubungan kerjasama antara produsen suatu produk, agen iklan dan publisher iklan serta konsumen yang saling menguntungkan. Pemilik produk terbantu memasarkan produknya, agen iklan mendapatkan tambahan penghasilan, publisher iklan mendapatkan komisi dari agen iklan, dan konsumenpun mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Bagi teman-teman yang masih bingung mencari peluang bisnis online yang ingin dijalankan, bisnis publisher iklan bisa menjadi salah satu ide bisnis yang tepat bagi Anda. Semoga bermanfaat dan salam sukses.

Membeli Nama Domain Untuk Bisnis Online

Domain merupakan alamat website kita di internet. Setiap orang yang akan mengakses ke website kita, mereka perlu mengetikkan nama domain Anda. Karena itu, domain merupakan suatu hal yang penting, terutama memilih nama domain yang tepat untuk usaha atau bisnis Anda di Internet.
Pendaftaran nama domain di internet sangat mudah, Anda bisa membeli domain melalui website atau perusahaan yang menyediakan jasa registrasi domain, contohnya di domain murah. Anda tinggal masukkan nama domain pada kotak lalu klik search untuk mengecek domain tersebut masih tersedia atau tidak. Bila masih tersedia dan nama domainnya cocok, Anda tinggal mendaftarkannya.


Dalam sebuah domain memuat nama domain dan extension domain tersebut (akhiran domain) seperti .com, .net, .org, .biz, .info, dan seterusnya. Jadi bila Anda akan membeli domain contoh bisnisonline.com dan sudah diregistrasi oleh orang lain, Anda bisa pilih yang .net (bisnisinternet.net) dan seterusnya. Memang dalam memilih nama sebuah domain diusahakan untuk mendapatkan nama domain dengan akhiran .com , alasannya salah satunya adalah domain .com lebih dikenal semua orang dan merupakan top level domain.
Dalam Membeli domain ini, Anda bisa membeli baru, membeli dari orang atau membeli domain yang sudah lewat masa expirednya, jadi urutannya;
  • Pada umumnya orang membeli domain baru dengan cara mengeceknya di website atau perusahaan yang menyediakan jasa registrasi domain. Dan bisa langsung mendaftarkannya
  • Pilihan kedua ini, bila domain yang ingin digunakan sudah didaftarkan oleh orang lain, Anda bisa mengeceknya apakah pemilik websitenya menggunakan domainnya atau tidak dan Anda bisa bertanya apakah ia mau menjualnya atau tidak.
  • Dan yang terakhir membeli domain yang sudah lewat masa expirednya. Perpanjangan sebuah nama domain dilakukan pertahun, jadi agar domain bisa digunakan, perlu diperpanjang setiap tahun. Ada yang memperpanjangnya setahun sekali dan bisa juga langsung bertahun-tahun langsung seperti 5 tahun atau 10 tahun, dst. Dan bila domain tidak diperpanjang, maka domain akan memasuki masa expired. Bila sesudah memasuki masa expired, maka kurang lebih 3 bulan atau 100 hari sejak masa expired maka domain akan terbuka bebas dan bisa didaftarkan kembali oleh pemilik yang baru. Tapi bila nama domainnya bagus, Anda bisa menggunakan fasilitas backorder dari website yang menyediakan jasa registrasi domain seperti godaddy.com. Dengan adanya backorder, maka domain bisa dibeli sebelum domain dibuka bebas kembali ke umum. Bulan kemaren saya mengincar nama domain yang sudah dalam masa expired tapi tidak menggunakan backorder, tapi terlepas karena orang lain terlebih dahulu mendaftarkannya (tidak tahu ada orang yang mengincar nama domain itu juga).
Tahun demi tahun kedepan, nama domain akan semakin penting karena semakin banyak orang go online, maka adanya keterbatasan untuk mendapatkan nama domain yang diinginkan terutama domain akhiran .com, karena itu bila saat ini Anda memang sudah ada usaha yang berhubungan, tidak ada salahnya membeli nama domainnya dulu.

Untuk SEO, nama domain pun memegang peranan penting. Biasanya website yang memiliki nama domain dan didalamnya memuat keyword, maka website tersebut cenderung akan tampil di halaman pertama google untuk keyword dalam domain tersebut tanpa harus banyak susah payah melakukan SEO.
Contoh domain JualBeliRumah.com dengan perkiraan pencarian perbulan orang yang mengetikkan kata pencarian jual beli rumah di mesin pencari google sekitar 2900 pencarian tipe exact (sama percis).

Walaupun website tidak ada isinya tetapi berada di halaman 1 google peringkat 10.
 
Isi website tersebut belum diisi – tidak ada content, jadi website tersebut terindex berdasarkan kekuatan dari keyword di nama domainnya:
Kesimpulannya adalah:
Memilih nama domain sangat penting untuk pemasaran di internet. Pilih nama domain yang mengandung keyword di dalamnya, akan memudahkan website tersebut terindex di kata pencarian yang sesuai dengan nama domainnya. Dan dengan berjalannya waktu dan perkembangan bisnis di internet, semakin banyak yang go online dan nama domain yang bagus akan semakin jarang dan sulit didapat. Tidak ada salahnya bila sudah ada planning bisnis di internet, segera membeli domain untuk website Anda nantinya.
Semoga bermanfaat dan sukses dalam berbisnis online.