Strategi Pemasaran Bisnis Melalui Internet Marketing


Meningkatnya pengguna internet setiap harinya, ternyata tidak diabaikan begitu saja oleh para pelaku bisnis. Saat ini banyak pelaku bisnis yang sengaja membuat website, blog, atau membuat akun di facebook maupun twitter untuk memasarkan produk mereka. Kemajuan tersebut dirasa sangat bermanfaat untuk dijadikan sebagai salah satu strategi pemasaran bisnis.

Pemasaran bisnis melalui internet merupakan salah satu cara untuk memperluas jangkauan pasar. Melalui internet marketing, informasi produk Anda dapat menjangkau konsumen yang ada di daerah – daerah tanpa harus terjun langsung ke daerah tersebut untuk mempromosikan produk Anda. Berikut beberapa strategi pemasaran bisnis melalui internet marketing yang dapat dicoba :
  • Website Marketing
Belakangan ini banyak usaha offline yang sengaja membuat website untuk memasarkan produknya melalui media online. Website menjadi tempat untuk memberikan informasi mengenai informasi produk kepada calon pembeli, sehingga para konsumen dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan produk tanpa harus datang langsung ke tempat usahanya. Selain itu website juga menjadi sarana bagi konsumen yang ingin melakukan pemesanan produk, serta mempermudah pemasaran produk dengan melayani pembayaran secara online atau melalui transver via bank. Kemudian barang akan dikirimkan kepada konsumen melalui jasa pengiriman barang seperti Pos, Tiki atau JNE. Dengan adanya website marketing, pemasaran produk dapat dilakukan secara otomatis menggunakan bantuan sistem internet.
  • Email Marketing
Selain website marketing, promosi bisnis melalui internet dapat dilakukan melalui email marketing. Pemberitahuan mengenai informasi produk untuk memberikan penawaran kepada calon konsumen, dapat dilakukan secara masal maupun personal  melalui email marketing. Sehingga kegiatan promosi produk semakin mudah, dan murah. Selain membantu mempromosikan produk, email marketing juga menjadi sarana komunikasi antara pelaku usaha dengan calon konsumen.  Konsumen yang tertarik dengan produk Anda, biasanya akan menanyakan informasi produk tersebut melalui telepon maupun email. Keberadaan email marketing, mendukung kegiatan pemasaran baik secara online maupun secara offline.
 
Adanya pemasaran melalui internet marketing, selain memberikan kemudahan kepada para pelaku usaha untuk memasarkan produknya. Ternyata masih memberikan beberapa manfaat  lain yang menguntungkan perusahaan. Manfaat adanya pemasaran melalui internet antara lain sebagai berikut :

1. Pemasaran melalui internet tidak terbatas oleh waktu, tidak seperti bisnis offline lainnya. Layanan pemasaran bisnis melalui internet bisa diakses konsumen selama 24 jam non stop. Karena internet memiliki sistem otomatis yang dapat memberikan respon dengan cepat bila ada pesanan maupun permintaan dari para konsumen. Sehingga permintaan produk dari konsumen, dapat Anda layani kapan saja dan dimana saja selama ada jaringan internet.

2. Pemasaran melalui internet juga menjangkau pasar lebih luas. Melalui bisnis internet, Anda dapat menginformasikan produk Anda hingga ke seluruh daerah di nusantara, bahkan menjangkau pasar luar negeri.

3. Dengan memakai strategi pemasaran melalui internet. Dapat meningkatkan image perusahaan Anda dimata para konsumen, sehingga memberikan nilai lebih bagi bisnis Anda untuk menghadapi persaingan bisnis yang ada.

4. Mengurangi biaya pemasaran, karena pemasaran melalui internet lebih tertarget dan biayanya relatif lebih rendah dibandingkan biaya pemasaran offline yang biayanya lebih besar untuk membuat brosur, spanduk, banner, neon box, dll.

5. Memudahkan pelaku usaha untuk menjalin hubungan dengan para konsumen. Karena melalui internat dapat terjalin komunikasi yang interaktif antara konsumen dengan pelaku bisnis, misalnya saja melalui email marketing, kotak saran atau ruang coment, serta forum diskusi antar konsumen. Sehingga bila komunikasi terjaga dengan baik, loyalitas konsumen terhadap bisnis Anda juga dapat meningkat.

Sampai saat ini, pemasaran bisnis melalui internet sangat membantu pelaku bisnis untuk meningkatkan penjualan produk mereka. Mudahnya memasarkan produk melalui online, serta banyaknya manfaat yang diberikan internet marketing. Menjadi solusi tepat bagi Anda yang memiliki problem pemasaran produk. Semoga informasi ini bermanfaat, salam sukses.

Kelebihan dan Kekurangan Iklan Baris

Manfaat Iklan Baris bagi Bisnis Online
Memanfaatkan iklan baris, sering dijadikan solusi jitu bagi para pelaku usaha untuk mempromosikan bisnis yang dijalankannya. Saat ini bukan hanya surat kabar saja yang menyediakan kolom iklan baris, perkembangan bisnis di internet juga dimanfaatkan sebagian besar orang untuk membuat situs iklan baris secara online. Dan minat pasarpun sangat bagus, mengingat iklan baris merupakan alat promosi yang cukup efektif bagi bisnis online.

Sekarang ini iklan baris menjadi sarana bagi pelaku bisnis online untuk menawarkan produk dan jasa melalui internet, serta menjadi alat untuk mempromosikan website atau blog mereka kepada masyarakat luas. Meskipun iklan baris tidak memiliki ruang yang besar, layaknya pada iklan banner. Namun sebagai gantinya, para pemasang iklan bisa mencantumkan contact person (nomor telepon, alamat usaha, dll) yang dapat dihubungi, serta mencantumkan informasi produk yang akan ditawarkan.

Bukan itu saja, penyedia layanan iklan baris juga memberikan penawaran menarik dengan mengelompokan iklan yang dipasang sesuai dengan kategori produk bisnisnya. Misalnya saja kategori properti, produk makanan, produk fashion, produk elektronik, bisnis online, dll. Hal ini tentu memudahkan para konsumen untuk menemukan produk atau peluang bisnis yang mereka butuhkan. Jadi tak perlu diragukan lagi bila perkembangan iklan baris di internet, memberikan banyak manfaat bagi para pelaku bisnis online untuk mendapatkan konsumen.

Nah, untuk mengetahui apa saja manfaat iklan baris bagi bisnis online. Mari kita bahas bersama kelebihan dan kekurangan yang diperoleh jika kita memasang iklan baris.

Kelebihan dari iklan baris
1. Kelebihan yang pertama yaitu, biaya iklan baris lebih murah dibandingkan biaya iklan lainnya. Bahkan sekarang sudah banyak situs-situs yang menawarkan iklan baris gratis bagi para pengunjungnya.

2. Iklan baris di internet, bukan hanya menjangkau konsumen lokal saja. Karena dengan internet, iklan Anda akan tersebar hingga ke berbagai negara. Tentu ini akan sangat bermanfaat bagi pemasaran bisnis online Anda.

3. Iklan baris bisa ditampilkan sesering mungkin. Jadi kemungkinan bisnis online Anda dikenal banyak orang, semakin terbuka lebar.

4. Proses follow up pesanan jadi lebih cepat, sebab konsumen bisa memesan secara online melalui chat online maupun email. Hal ini memudahkan Anda untuk memenuhi permintaan konsumen dengan segera.

5. Pemasangan iklan baris di internet, bisa diproses dengan cepat. Anda tidak perlu menunggu terlalu lama untuk memastikan bisnis Anda mulai dipasarkan di internet.

Kekurangan iklan barisiklan baris
1. Ruang iklan yang terbatas, membuat para pelaku usaha tidak dapat mencantumkan gambar  yang mendukung pemasaran.

2. Selain itu, jumlah kata yang digunakan juga terbatas. Oleh karena itu pilih kata-kata yang efektif, usahakan untuk memberikan informasi dengan padat dan jelas.

3. Karena biaya iklan baris murah, maka tak heran bila banyak pesaing yang ikut menggunakan jasa tersebut. Sebisa mungkin buat judul iklan dan informasi yang menarik konsumen, agar iklan baris Anda banyak dikunjungi pengguna internet.

Untuk membantu promosi pada bisnis online, tidak ada salahnya bila Anda memanfaatkan iklan baris yang ada di internet sebagai alat promosi. Buatlah judul iklan dengan kata kunci (keyword) yang banyak dicari search engine, dan berikan informasi yang banyak dibutuhkan konsumen. Cobalah pasang iklan baris di situs yang sudah populer, untuk memudahkan pengguna internet menemukan situs Anda. Semoga berhasil dan salam sukses.

Iklan Baris Sarana Tepat Untuk Traffic



Meningkatkan traffic kunjungan sebuah website memang bukanlah perkara mudah. Berbagai macam cara pun dilakukan oleh para pelaku usaha agar bisnisnya laris manis diserbu calon konsumen. Salah satunya dengan membuat web iklan baris sebagai pintu masuk traffic kunjungan ke website utama.

Biasanya web iklan baris sangat responsif terhadap mesin pencari, sehingga memasang iklan di  web iklan baris bisa meningkatkan rangking web bisnis mereka. Melalui web iklan baris, pelaku usaha bisa mempromosikan produk unggulannya maupun bisnis jasa yang mereka jalankan kepada khalayak ramai. Jadi, peluang terjadinya transaksi semakin besar dan kunjungan konsumen ke website utama semakin hari semakin meningkat tajam.

Nah, untuk membantu para pemula yang tertarik menggunakan web iklan baris sarana tepat mendongkrak traffic, berikut ini kami informasikan beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan dalam membuat situs iklan baris.
  1. Untuk membuat website iklan seperti ini, Anda bisa menggunakan situs gratisan seperti Blogspot maupun WordPress. Selanjutnya Anda bisa melakukan hosting untuk membuat web iklan baris atau memiliki server tersendiri.
  2. Agar web iklan baris Anda dikunjungi banyak konsumen, lengkapilah situs tersebut dengan konten artikel yang menarik. Misalnya saja mengulas berita terhangat di dunia bisnis yang Anda geluti atau sekedar memberikan tips ringan yang dibutuhkan banyak orang.
  3. Sekarang ini persaingan antara web iklan baris dan situs jejaring sosial semakin hari semakin sengit, karenanya fokuskan tema yang Anda angkat agar website iklan Anda diminati para konsumen. Misalnya saja memilih bidang otomotif, properti, kuliner, fashion, agrobisnis, dan lain sebagainya.
  4. Gunakan kreativitas Anda untuk membuat web iklan baris yang kreatif dan inovatif. Untuk memenangkan persaingan pasar, berikan nilai lebih kepada para konsumen. Contohnya saja dengan membuat website yang bersifat interaktif sehingga pelaku usaha dan calon pembeli bisa berkomunikasi secara langsung, selain itu Anda juga bisa memberikan kebebasan kepada para pengguna untuk meng-update iklan mereka.
  5. Dukung web iklan Anda dengan desain unik. Baik dari segi layout, isi konten, maupun fasilitas yang disuguhkan kepada para pengunjung. Apabila desain website Anda terlihat menarik, maka konsumen semakin penasaran untuk berkunjung ke situs tersebut dan semakin betah berlama-lama menggunakan fasilitas di website Anda.
Dengan dukungan web iklan baris yang Anda miliki, maka peluang untuk mempromosikan website utama Anda semakin terbuka lebar dan traffic kunjungan yang didapatkan pun semakin meningkat tajam setiap harinya. Semoga sedikit informasi tips bisnis online ini memberikan manfaat bagi para pembaca dan membantu para pemula yang tertarik menjalankan bisnis di dunia maya. Salam sukses.

Strategi Memilih Web Hosting yang Tepat


Sebelum menjalankan peluang bisnis di internet, salah satu hal penting yang perlu disiapkan para calon blogger adalah keberadaan web hosting. Para blogger membutuhkan web hosting sebagai tempat atau ruangan untuk menyimpan berbagai data yang akan ditampilkan secara online di website, blog atau situs lainnya yang mereka gunakan. Karena itu, keberadaannya menjadi kunci utama kesuksesan sebuah bisnis online.

Mengiringi perkembangan bisnis online yang semakin pesat, saat ini keberadaan penyedia layanan web hosting juga meningkat cukup tajam. Baik web hosting yang gratisan maupun berbayar, dapat dipilih pelaku bisnis online dengan mudah. Biasanya para pemula lebih memilih web hosting gratisan untuk menekan resiko kegagalan, namun tidak sedikit juga blogger lainnya yang lebih memilih web hosting berbayar untuk menjamin profesionalisme bisnis yang tengah mereka jalankan. Sebab web hosting gratisan sering bermasalah, sehingga kurang mendukung bila digunakan untuk menjalankan bisnis online.

Banyaknya layanan web hosting yang sekarang ini marak dipasaran dunia maya, tentunya membuat sebagian besar para pemula cukup bingung untuk menentukan web hosting yang paling tepat bagi bisnis online miliknya. Keadaan itulah yang membuat kami tergerak untuk mengajak para pembaca membahas bersama-sama strategi memilih web hosting yang tepat bagi bisnis online.

Pertama, pastikan Anda memilih penyedia web hosting yang sudah terjamin kredibilitasnya. Tidak jarang para pemula tertipu dengan penyedia layanan web hosting, karena mereka kurang teliti ketika memilihnya. Sebelum menjalin kerjasama, sebaiknya cari tahu tentang identitas perusahaan dengan jelas, berapa lama sudah berjalan, berapa jumlah pelanggannya, dan siapa saja blogger besar yang sudah menggunakan layanan web hosting tersebut. Bila data-data tersebut belum jelas, maka sebaiknya cari penyedia layanan lainnya yang sudah terjamin kualitasnya.

Kedua, jangan tertipu harga. Tidak selamanya harga yang murah memberikan keuntungan bagi pemula. Bila biasanya harga murah selalu menjadi rebutan para konsumen, dalam memilih web hosting jangan tertipu dengan penawaran harga murah. Karena banyak penyelenggara layanan yang menawarkan harga murah, dengan menurunkan sedikit kualitas layanan. Namun memilih harga mahal pun juga belum tentu pelayanannya bagus. Oleh sebab itu, pilih penyedia web hosting yang menawarkan harga bersaing. Dan bandingkan harga tersebut dengan penawaran lainnya yang ada di pasaran.ilustrasi hosting 200x200 Strategi Memilih Web Hosting yang Tepat

Ketiga, perhatikan kecepatan server. Pilih web hosting yang kecepatan servernya cukup bagus, dengan demikian blog atau website Anda dapat diakses dengan cepat oleh para pengunjung Anda. Sebab, para pengunjung tidak senang dengan situs yang koneksi atau loadingnya lambat. Jadi sebelum memilih layanan web hosting, pastikan Anda mencari tahu kecepatan server yang ditawarkan perusahaan kepada konsumennya. Misalnya saja dengan mengakses beberapa situs yang pernah ditangani penyedia layanan tersebut.

Keempat, kapasitas bandwith cukup besar. Sebelum Anda memilih sebuah web hosting, usahakan untuk mengetahui seberapa besar bandwith yang diberikan. Hal ini cukup penting, mengingat blog atau website yang memiliki traffic kunjungan tinggi membutuhkan bandwith yang cukup besar, agar situs tersebut tidak down (error) ketika kapasitas bandwith yang disediakan tidak mencukupi lagi.

Kelima, tim support yang handal. Tidak hanya produknya saja yang berkualitas, namun usahakan pilih penyedia layanan yang memiliki SDM handal. Ini terkait dengan pelayananan maupun penanganan yang diberikan penyedia, ketika terjadi sebuah masalah atau error sistem pada web hosting Anda. Dengan begitu Anda dapat menanyakan semua permasalahan yang terjadi, untuk mendapatkan solusi dengan cepat.

Demikian tips bisnis online yang dapat saya sampaikan untuk artikel ini, bagi rekan-rekan yang memiliki informasi tambahan tentang strategi memilih web hosting yang tepat, dapat Anda tambahkan pada kolom komentar yang ada di bawah artikel. Selamat berkarya dan salam sukses.

Keyword Menarik untuk Bisnis Online

Mencari Keyword Menarik untuk Bisnis Online


Mengoptimalkan bisnis online dengan menggunakan keyword atau kata kunci yang banyak dicari pengguna internet, merupakan cara efektif untuk membantu blog ataupun website Anda dikunjungi banyak orang. Bukan hanya itu, penggunaan keyword yang menarik juga membuat website atau blog kita mudah ditemukan oleh mesin pencari (search engine). Oleh sebab itu, penggunaan keyword yang spesifik pada fokus tema blog atau website menjadi perhatian tersendiri bagi para blogger, karena hal tersebut  merupakan salah satu cara untuk mempromosikan bisnis mereka di dunia maya.

Yang dimaksud dengan keyword sendiri adalah kata kunci yang sering dituliskan pengguna internet pada mesin pencarian, seperti google, yahoo, dll. Umumnya keyword yang sering dituliskan para user, berkisar antara dua sampai lima kata. Karena keyword sangat penting dalam internet marketing, maka wajar saja mencari keyword menarik untuk bisnis online tidaklah tergolong mudah. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, agar keyword yang Anda pilih tepat dan mudah ditemukan oleh search engine.

Pertama lakukan Riset keyword
Hal ini sangat diperlukan, agar Anda tidak salah dalam menentukan keyword atau kata kunci. Usahakan untuk memilih kata kunci yang banyak diketikan pengguna internet di mesin pencarian. Untuk mempermudah riset, Anda bisa menggunakan layanan gratis seperti adwords keyword tool yang ada di google. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan informasi data yang akurat, dan memperoleh pilihan kata kunci yang sesuai dengan konten-konten pada website atau blog Anda.

Kedua cantumkan keyword-keyword menarik, pada konten Anda
Setelah mengetahui hasil riset keyword yang banyak dicari pengguna internet, selanjutnya Anda bisa mencantumkan kata kunci tersebut pada judul konten, post tag, isi konten, serta pada SEO pack. Cara tersebut akan mempermudah pengguna internet untuk menemukan konten-konten yang ada di blog maupun website Anda. Tentunya ini akan memberikan keuntungan bagi bisnis online Anda, seperti meningkatnya jumlah kunjungan dari para pengguna internet dan membantu pemasaran bisnis online Anda.
 
Ketiga perhatikan keyword density atau kerapatan keyword yang Anda gunakan
Ini sangat penting, untuk menghindari adanya keyword stuffing (penggunaan kata kunci yang berulang-ulang) yang bisa membuat pengunjung tidak tertarik membaca konten Anda. Secara umum kerapatan keyword yang dianjurkan hanya sekitar 3-7% dari perbandingan kata yang bukan merupakan kata kunci. Bila Anda membuat konten yang berisi 300 kata, maka idealnya kata kunci yang bisa digunakan antara 5 sampai 10 kata. Hindari penggunaan keyword terlalu banyak, karena akan dianggap spam oleh mesin pencarian. Usahakan perbandingan keyword dan konten yang dibuat, tidak terlalu mencolok. Jika Anda belum yakin dengan perbandingan yang tepat, Anda bisa mencoba keyword density checker untuk menentukan tingkat kerapatan kata kunci dari blog atau website Anda.

Semakin banyak orang mencari kata kunci yang Anda gunakan, maka semakin besar pula peluang bisnis online Anda masuk di halaman pertama mesin pencarian. Oleh karena itu cermati kata kunci yang Anda gunakan, agar situs Anda mudah ditemukan berkembang optimal. Sekian informasi bisnis online untuk pekan ini, dan semoga informasi diatas bisa bermanfaat bagi kita semua. Salam sukses.

Peluang Usaha Pembuatan Website Semakin Besar



Perkembangan jumlah pengguna internet dari tahun ke tahun sangatlah pesat. Hal ini menunjukkan bahwa semakin familiernya dunia internet sebagai sebuah kebutuhan. Dengan semakin familiernya internet maka website atau sejenisnya sangatlah menjadi hal yang penting dan efektif untuk berbagi informasi, berbagi profil, penawaran produk/jualan online, dan lain sebagainya. Inilah yang seharusnya menjadikan peluang usaha pembuatan website semakin besar, bagi para programer bisnis ini memiliki prospek yang cukup menguntungkan.

Konsumen

Kebanyakan konsumen yang membutuhkan layanan pembuatan website ini adalah instansi atau perusahaan yang ingin mengenalkan produk mereka untuk dipasarkan. Walaupun begitu banyak pula perorangan yang menggunakan jasa pembuatan website ini. Selain tersebut diatas, konsumen target Anda adalah organisasi, tokoh masyarakat, artis, bisnis atau usaha, lembaga pemerintahan dan non pemerintah, serta lembaga swadaya masyarakat (LPM) yang membutuhkan website untuk memperlancar urusannya. So bagi sobat yang melihat ini sebagai peluang usaha, bisa juga nech untuk di jadikan peluang usaha sambilan di samping usaha bisnis online.

Meningkatkan Traffic Blog

Bagaimana Cara Meningkatkan Traffic Blog?


Blog maupun website yang memiliki traffic tinggi merupakan impian setiap blogger ataupun pelaku bisnis online. Banyaknya pengunjung yang masuk dan membaca konten yang dipublish melalui blog atau website Anda, akan mempengaruhi pula kesuksesan bisnis online yang Anda jalankan.
Dalam meningkatkan traffic blog yang Anda gunakan sebagai bisnis, ada dua kunci dasar yang dapat dijadikan untuk menarik minat user hingga mencapai angka kunjungan ribuan bahkan ratusan ribu per hari. Dua kunci dasar tersebut antara lain sebagai berikut :

1.Tulis konten yang bagus
Dasar dari sebuah blog yang hebat adalah konten yang bagus. Orang sering salah stategi saat membuat konten, mereka membuat konten sesuai dengan keinginan hati tanpa memperhatikan strategi yang tepat untuk mencapai tujuan mereka. Sebenarnya inti dari konten yang bagus adalah conten yang dapat mengubah pola pikir seseorang dan mampu meningkatkan traffic blog.
Konten yang sering dijadikan sebagai pilar atau kunci dasar sebuah blog atau website adalah artikel. Untuk memperoleh artikel yang bagus, berikut beberapa hal penting yang sebaiknya diperhatikan:
  • Tulis artikel yang menarik para user untuk bekunjung ke blog maupun website Anda, pilih judul artikel yang sesuai dengan kata kunci atau keyword paling banyak dicari di mesin pencarian.
  •  Hubungkan artikel Anda dengan link ke blog lain yang sudah besar, biasanya traffic blog Anda akan ikut naik seiring dengan kenaikan blog lain yang Anda link kan.
  • Lengkapi artikel Anda dengan SEO, agar artikel Anda mudah terdeteksi oleh mesin pencarian. Misalnya saja Google, mesin pencarian yang sering digunakan user.
  • Cantumkan info artikel lain yang masih terkait dengan artikel baru Anda, sehingga artikel terbaik Anda bisa diakses dengan mudah dan dapat menunjukan nilai lebih blog Anda.
  • Update terus konten, agar para pembaca juga bisa menemukan artikel Anda yang sudah lama.
  • Usahakan membuat artikel utama yang tidak terbatasi oleh waktu, jadi selama dua belas bulan informasi artikel Anda masih bisa dimanfaatkan para user. Untuk artikel liputan kegiatan seperti seminar maupun pameran, tetap boleh dipublish tapi bukan sebagai artikel utama.
2. Marketing konten
Setelah Anda memiliki konten yang bagus dan menarik, kunci dasar selanjutnya yang dapat meningkatkan traffic blog yaitu adanya marketing konten. Marketing konten dapat dialakukan dengan adanya komunikasi antara user dengan pengelola blog atau website.
Jika para pengguna internet telah tertarik dengan blog atau website Anda, biasanya mereka akan meninggalkan coment pada conten yang telah Anda publish di blog atau website. Hal ini menjadi potensi besar bagi blog atau website Anda, sebagai daya tarik tersendiri bagi orang – orang tertarik untuk mengunjungi blog Anda. Karena setiap pembaruan coment yang ditinggalkan para pengunjung blog juga akan dilaporkan ke mesin pencarian. Dan akan menambah link untuk masuk ke blog atau website Anda.

Selain itu jadikan coment sebagai media komunikasi antara pemilik blog dengan para pengunjung blog, jadi terdapat interaksi yang berkelanjutan yang mampu mengikat para pengunjung untuk selalu datang mengunjungi blog Anda. Loyalitas pengunjung blog Anda, akan sangat menguntungkan bagi perkembangan blog Anda. Bukan hanya untuk memperoleh keuntungan materi saja, namun keuntungan social bagi blog Anda.

Pemasaran blog juga dapat dilakukan dengan teknik memberikan informasi conten secara gratis kepada para pengunjung maupun blogger besar lainnya. Contohnya saja bisnisukm.com yang memberikan informasi ebook gratis tentang “ kumpulan aneka peluang usaha menarik ” kepada para pengunjungnya yang sudah mendaftar di website tersebut. Dari layanan tersebut, akan banyak sekali blogger maupun pengunjung lainnya yang merekomendasikan blog Anda yang telah memberikan layanan ebook gratis.

Dengan adanya dua kunci dasar “Bagaimana cara meningkatkan traffic blog?” semoga dapat bermanfaat bagi para pemula maupun blogger yang sudah lama menjalankan bisnis online

Kunci sukses Monetisasi Blog


Besarnya keuntungan yang dihasilkan dari berbagai jenis peluang bisnis online, ternyata mendorong para blogger yang dulunya hanya memanfaatkan media blog sebagai ruang personal semata, kini mulai mengeksplorasi blog mereka guna mendapatkan untung besar setiap bulannya melalui kegiatan monetisasi blog.

Meskipun kegiatan monetisasi blog sendiri bukan sesuatu yang baru lagi bagi sebagian besar para blogger, namun sampai hari ini ternyata masih banyak blogger pemula yang mengalami beberapa kendala dan kegagalan besar dalam menjalankan monetisasi blog. Padahal, sebenarnya cara monetisasi blog sangatlah luas. Berbagai macam strategi bisa dijalankan para pelaku bisnis online untuk mendapatkan penghasilan yang menggiurkan melalui blog mereka, misalnya saja dengan menjual produk atau jasa secara online, memasang iklan, menjalankan program affiliate, atau bisa juga menjual blog tersebut kepada para broker yang cukup potensial.

Untuk membantu para pemula maupun para blogger yang tertarik melakukan monetisasi blog guna mendatangkan untung besar setiap bulannya. Berikut ini saya informasikan empat kunci kesuksesan monetisasi blog yang perlu Anda perhatikan sebelum terjun ke bisnis online tersebut;


Pertama, membuat konten blog berkualitas. Keberadaan konten di sebuah blog tentunya menjadi salah satu poin penting guna memancing kunjungan dari para konsumen. Bahkan bisa dikatakan sebagian besar pengguna internet memiliki alasan yang hampir sama yaitu awalnya ingin mencari informasi-informasi penting yang saat itu mereka butuhkan. Ketika informasi tersebut telah mereka dapatkan di blog Anda, maka selanjutnya mereka tidak akan segan-segan untuk kembali mengunjungi blog Anda hingga pada akhirnya mereka tertarik untuk bergabung menjadi member Anda dan melakukan sejumlah transaksi pembelian yang ditawarkan. Oleh karena itu, sebisa mungkin sajikan konten-konten yang menarik dan pastinya selalu update (baru), agar para konsumen Anda semakin enggan berpaling ke situs blog yang lain.

Kedua, meningkatkan traffic blog Anda. Faktor kedua yang perlu Anda perhatikan adalah meningkatkan traffic kunjungan, sehingga para konsumen bisa menemukan blog Anda dengan mudah. Untuk mengoptimalkan traffic kunjungan blog Anda, bisa diperoleh melalui dua cara. Yang pertama bisa didapatkan dari strategi traffic gratisan misalnya saja seperti para pengunjung yang datang ke blog Anda melalui hasil pencarian search engine, atau bisa juga mempromosikan blognya melalui social media, forum online, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk strategi traffic berbayar, bisa didapatkan melalui iklan Pay Per Click (PPC), dan lain-lain.

Ketiga, layanan pre-selling. Untuk mendukung monetisasi blog, yang Anda butuhkan tidak hanya produk berkualitas dan traffic kunjungan yang cukup tinggi, namun juga pelayanan prima pra-penjualan untuk meningkatkan daya tarik konsumen terhadap produk Anda. Ketika Anda melayani dengan ramah dan penuh dengan pengertian, maka konsumen pun tidak segan-segan untuk memborong produk Anda dan kembali lagi berbelanja di halaman blog Anda. Untuk itu, sebisa mungkin perlakukan konsumen seperti seorang raja, layani dengan sepenuh hati dan berikan apa yang mereka butuhkan, bila perlu berikan hadiah khusus agar mereka semakin senang untuk bertransaksi di situs online Anda. Bila loyalitas konsumen semakin meningkat, tidak menutup kemungkinan bila omset yang Anda dapatkan juga bisa mulai melesat.

Keempat, mulai aktif mendatangkan penjualan. Ketika blog Anda telah memiliki konten yang selalu update, traffic kunjungan yang mulai meningkat, dan memperhatikan kegiatan pre-selling untuk membangun loyalitas para konsumen, maka selanjutnya giliran Anda untuk mengubah loyalitas konsumen yang ada menjadi sumber penghasilan baru yang cukup menggiurkan. Beberapa kegiatan monetisasi blog yang bisa Anda jalankan antara lain memanfaatkan halaman blog untuk membuka toko online, menjadi publisher iklan, menawarkan jasa desain website dan desain grafis, jasa penulisan atau copywirting, serta masih banyak lagi peluang bisnis online lainnya yang bisa Anda jalankan melalui halaman blog yang dimiliki.

Dengan memperhatikan empat poin penting diatas, diharapkan para pemula maupun pelaku bisnis online yang memanfaatkan halaman blog sebagai media pemasaran bisnisnya, bisa mendapatkan untung besar setiap bulannya dan mendatangkan calon konsumen sebanyak-banyaknya.