Hal Yang Dihindari Dalam Penggunaan SEO


Tak perlu diragukan lagi ketika seseorang menjalankan bisnis online, penggunaan SEO sangatlah penting. SEO dijadikan sebagai strategi pemasaran paling tepat bagi bisnis online. Karena penggunaan SEO akan mempermudah pengguna internet untuk menemukan bisnis online yang Anda miliki.

Meskipun saat ini banyak pelaku bisnis yang menggunakan SEO, ternyata banyak diantara mereka yang masih sering melakukan kesalahan dalam menggunakannya. Sehingga langkah mereka belum terlalu mendukung penggunaan SEO, dalam mesin pencarian.

Kali ini saya akan melanjutkan informasi mengenai langkah sukses penggunaan SEO yang dapat membantu website, maupun blog Anda masuk dalam Top 10 pada mesin pencarian ( search engine ). Untuk itu berikut saya berikan informasi mengenai beberapa hal yang sebaiknya dihindari, agar bisnis online mudah ditemukan mesin pencarian ( search egine seperti : Google, Yahoo, MSN, dll ).

1. Hindari untuk hosting ditempat yang memperbolehkan spam, sebaiknya cari tahu kebijakan dari hosting provider mengenai spammer. Karena jika IP kita kena blacklist, maka semuanya akan terblacklist. Walaupun site kita tidak melakukan hal – hal negatif.

2. Usahakan pilih hosting yang tidak sering down, mesin pencarian tidak dapat mengindex page karena site Anda tidak dapat dikunjungi. Jika sering down pada saat search engine spider berusaha mengaksesnya, site Anda di –flag sebagai hilang ( gone ) sehingga spider tiadk mau lagi berkunjung di site Anda. Untuk itu pastikan pada provider hosting Anda mengenai uptime rate dan jaminan yang diberikan, jika uptime kurang dari 97 – 98 % maka dianggap buruk.

3. Hindari menulis konten dalam format JavaScript, karena penggunaan script akan mempersulit mesin pencariaan saat mengindex.

4. Jangan pernah mengabaikan alt text terutama untuk image dalam text. Karena jika alt text diabaikan search engine tidak akan mengambil konten yang relevan. Semakin berat page karena imagenya, semakin sedikit pula kemungkinan search engine merangkingnya.

5. Usahakan jangan salah menuliskan keyword dalam konten, karena akan mempersulit optimasi site jika ada kesalahan tulis. Selain itu akan menimbulkan image buruk dari para pengunjung site, karena pengunjung tidak menemukan informasi yang mereka cari sehingga site Anda dianggap tidak profesional.

6. Jangan menggunakan lebih dari 2 – 3 keyword, jika satu page memiliki banyak topik maka akan menyulitkan search engine dan pengunjung untuk mengetahui apa yang sebenarnya dibahas. Jika ada banyak hal yang akan disampaikan, sebaiknya membuat multiple short page untuk tiap topiknya.

Walaupun beberapa contoh kesalahan pelaku bisnis online seperti di atas, tidak sampai menyebabkan site Anda memperoleh sangsi atau pinalti dari mesin pencarian. Namun akan mengurangi kemungkinan site Anda menduduki top 10 rank dalam mesin pencarian.
Semoga bermanfaat dan salam sukses.

3 Langkah Dalam Membangun Bisnis Online


 

Memutuskan untuk terjun di bisnis online ternyata membutuhkan perencanaan dan persiapan yang cukup matang. Meskipun saat ini banyak orang mengatakan bahwa memulai bisnis di internet tidaklah sesulit di bisnis offline. Namun pada kenyataannya masih banyak pelaku bisnis online yang mengalami kegagalan dalam menjalankan usahanya. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Pada dasarnya dalam membangun bisnis apapun dibutuhkan sebuah perencanaan sebelum akhirnya bisnis tersebut siap untuk dijalankan. Begitu juga dalam membangun bisnis online. Sampai saat ini sebagian besar pemula tidak merencanakan peluang bisnis online yang akan mereka jalankan. Akibatnya, banyak pemula yang belum fokus menjalankan bisnisnya dan akhirnya gagal di tengah jalan sebelum sempat menikmati kesuksesannya.

Untuk menghindari kegagalan yang tidak diinginkan, berikut ini kami informasikan 3 langkah utama yang perlu dipersiapkan dalam membangun bisnis online.

1. Membuat konten
Langkah pertama yang perlu Anda jalankan dalam membangun bisnis online adalah membuat konten menarik untuk menjaring banyak konsumen. Konten yang dimaksud bisa berupa produk digital seperti artikel, ebook, video tutorial, forum komunitas (membership), ataupun produk dan jasa lainnya. Untuk itu tingkatkan kreatifitas Anda dalam menulis artikel ataupun ebook, buatlah forum komunitas yang diminati banyak konsumen, dan tingkatkan kemampuan Anda dalam memproduksi video tutorial. Hal ini penting untuk menghasilkan konten yang benar-benar berkualitas dan memiliki daya saing yang cukup tinggi. Sehingga konten yang Anda tawarkan tidak tenggelam di tengah persaingan bisnis online yang semakin hari kian pesat.

2. Mempublikasikan di website
Langkah kedua yaitu mempublikasikan semua konten yang telah dibuat melalui website. Saat ini keberadaan website bisa diartikan sebagai lapak atau ruang pamer bagi bisnis Anda, sehingga semua konten yang telah dibuat dapat diinformasikan kepada khalayak ramai melalui media tersebut. Karena itu buatlah desain website Anda semenarik mungkin, agar para pengguna internet tertarik untuk mengklik dan membuka alamat website yang Anda miliki, serta bersedia menggunakan konten dan membeli produk-produk unggulan yang Anda tawarkan.

3. Meningkatkan traffic kunjungan website

Selanjutnya yang ketiga adalah mulai fokus untuk mendatangkan kunjungan ke website Anda. Langkah inilah yang sering menjadi kendala bagi para pelaku bisnis online, sebab persaingan antar pemain sudah sangat padat. Sehingga dibutuhkan strategi jitu di bidang internet marketing untuk dapat mendongkrak traffic kunjungan di website Anda. Disini Anda dapat menggunakan dukungan SEO, program affiliate marketing, atau memanfaatkan jejaring sosial seperti facebook, twitter, blog, ataupun youtube dalam mempromosikan bisnis online.

Semoga dapat terbantu setelah membaca tips bisnis online dari artikel saya ini. Selamat berkarya, jangan pernah takut untuk mencoba dan salam sukses.

Marketing Online Dengan Konten Artikel


Ketatnya persaingan pasar di dunia maya menuntut sebagian besar pelaku bisnis online untuk lebih kreatif dan inovatif dalam memasarkan produk atau jasa mereka di internet. Membuat artikel dan mempublikasikannya disebuah website merupakan alat marketing yang cukup efektif untuk menarik minat konsumen, sehingga permintaan produk serta jasa tersebut mengalami peningkatan yang cukup signifikan ditengah persaingan pasar yang semakin padat.

Selain menarik minat konsumen untuk berkunjung kesebuah website, konten artikel juga dapat dimanfaatkan sebagai media promosi dan alat komunikasi pemasaran bagi para blogger untuk menawarkan produk atau jasa mereka ke calon konsumennya. Biasanya konten ini disebut dengan sales letter atau surat penawaran yang berisi tentang ulasan produk maupun jasa yang dikirimkan produsen kepada calon konsumen melalui email atau media online lainnya. Jadi bisa dikatakan bahwa konten artikel menjadi jembatan bagi para blogger untuk menghubungkan bisnis online mereka dengan target pasar yang telah dibidik.

Untuk membantu Anda mempromosikan bisnis online melalui tulisan, berikut ini beberapa tips bisnis yang perlu diperhatikan sebelum membuat artikel marketing;
  • Tentukan ceruk pasar Anda
Sebelum menulis artikel, sebaiknya tentukan ceruk pasar yang ingin Anda bidik. Sesuaikan artikel yang Anda tulis dengan topik atau tema yang Anda angkat di website tersebut. Misalnya saja www.bisnisukm.com yang membidik para pelaku dan pencari bisnis sebagai ceruk pasar mereka, maka konten artikel yang ditulis pun berisi tentang seputar solusi permasalahan bisnis yang dihadapi para pemula maupun pencari usaha, penawaran peluang bisnis yang membantu para pencari usaha, sampai berita info bisnis yang perkembangannya sedang hangat diperbincangkan masyarakat luas. Sehingga konten artikel yang dipublish berhasil mendatangkan traffic kunjungan yang cukup tinggi dan pada akhirnya website tersebut menduduki halaman pertama di mesin pencarian untuk kata kunci “Peluang bisnis”.
  •  Buatlah konten artikel yang menarik
Untuk membuat konsumen tertarik dengan konten artikel yang Anda buat, maka sebisa mungkin buatlah artikel dengan topik yang cukup diminati para pengguna internet. Anda bisa memulainya dengan menggunakan kata kunci (keyword) tertentu yang banyak dicari user melalui mesin pencarian. Sebab, sampai hari ini sebagian besar konsumen masih mengandalkan mesin pencarian (search engine) seperti google untuk mendapatkan segala informasi yang mereka butuhkan. Karena itu usahakan untuk membuat judul artikel dengan kata kunci menarik, melengkapi isi artikel dengan informasi yang akurat dan bermanfaat, serta menggunakan bahasa yang mudah dipahami agar konsumen tidak bosan membaca artikel marketing yang Anda publish dan lebih loyal dengan bisnis online yang Anda jalankan.
  • Tentukan media online yang Anda gunakan
Sekarang ini banyak media online yang dapat Anda manfaatkan sebagai ruang publish artikel. Untuk itu sebagai pelaku bisnis online pilihlah media yang paling banyak digunakan masyarakat luas, sehingga peluang pasar yang dapat Anda jangkau semakin terbuka lebar. Beberapa media online yang sering digunakan para blogger untuk mempublish konten artikel antara lain website, blog, friendster, facebook, twitter, youtube, feeds, serta masih banyak lagi situs jejaring sosial lainnya yang dapat mendukung perluasan pasar bisnis online Anda.

Penggunaan konten artikel sebagai bagian dari strategi marketing online ternyata tidak hanya mudah, namun juga murah karena para blogger tidak membutuhkan biaya apapun untuk mempromosikan bisnis online mereka. Yang terpenting adalah kemampuan Anda untuk membuat artikel menarik, dan memilih media online yang tepat untuk mempublish artikel marketing tersebut. Semoga informasi tips marketing online dengan konten artikel ini dapat memberikan inspirasi bagi para pembaca maupun pemula di bisnis online. Selamat berkarya dan salam sukses.

Cara Menarik Pelanggan ke Situs Anda


Tak bisa dipungkiri lagi bila kesuksesan sebuah usaha tidak bisa dipisahkan dari para pelanggannya. Hal ini pula yang perlu Anda perhatikan dalam menjalankan bisnis online, sebab keberadaan para pelanggan menjadi salah satu faktor penentu sukses tidaknya peluang usaha yang sedang Anda jalankan.

Seperti kita ketahui bersama, semakin banyak pelanggan yang Anda miliki maka semakin besar pula peluang sukses yang Anda ciptakan. Karena itulah, mendapatkan pelanggan baru dan menjaga loyalitas pelanggan lama menjadi bagian dari tugas utama Anda guna mempertahankan eksistensi bisnis online yang dijalankan.

Lalu, bagaimana caranya menarik minat pelanggan untuk berkunjung ke bisnis online Anda? Yuk, mari kita simak bersama beberapa tips sederhana yang bisa dijalankan untuk mendatangkan pelanggan baru di situs online Anda;
  • Pancing dengan produk gratis
Untuk menciptakan daya tarik tersendiri bagi para pelanggan baru, Anda bisa memanfaatkan produk gratisan untuk memancing minat konsumen. Misalnya saja menginformasikan artikel-artikel menarik yang mengulas tentang tips bisnis online, marketing online, serta info bermanfaat lainnya yang disajikan secara gratis, memberikan layanan member gratis bagi para pelanggan baru, atau menyediakan video maupun ebook gratis bagi para konsumen yang bergabung di situs online Anda.
  • Dukung dengan promosi secara offline
Selain memberikan produk gratisan melalui situs online, Anda bisa menjaring pelanggan baru melalui program-progam promosi yang dijalankan secara offline. Misalnya saja dengan mengadakan seminar bisnis online tingkat lokal ataupun nasional, mengadakan pelatihan entrepreneur bagi para mahasiswa, menjadi pemateri atau nara sumber di berbagai acara, serta masih banyak strategi promosi lainnya yang bisa Anda jalankan. Melalui kegiatan promosi tersebut, bisnis Anda semakin dikenal masyarakat luas dan pelanggan baru pun tidak segan-segan untuk bergabung di situs online yang Anda miliki.
  • Manfaatkan pemasaran word of mouth
Ketika Anda telah mempublikasikan berbagai aktivitas perusahaan baik secara online maupun offline, maka tidak menutup kemungkinan bila bisnis Anda semakin dikenal banyak orang dan diminati para calon pelanggan. Kondisi tersebut bisa Anda manfaatkan untuk menjalankan strategi pemasaran word of mouth (pemasaran dari mulut ke mulut), guna membangun brand bisnis yang kuat dan menjadikannya sebagai modal utama dalam meyakinkan para calon pelanggan.

Semoga beberapa tips menarik pelanggan baru ke situs online anda ini bisa memberikan sedikit manfaat bagi para pembaca dan membantu para pemula di bisnis internet dalam mempromosikan situs onlinenya.

Hal Membuat Blog Ditinggalkan Pengunjung


Menjalankan bisnis online melalui sebuah blog sering dijadikan sebagai alternatif tepat bagi para pemula yang ingin terjun menekuni bisnis di internet. Mudahnya cara membuat blog dan besarnya peluang bisnis di dunia maya membuat jumlah blogger di berbagai belahan dunia semakin hari kian meningkat pesat. Lihat saja perkembangannya, aneka macam peluang bisnis toko online dan jasa online mulai bermunculan dengan memanfaatkan media blog gratisan maupun berbayar. Sehingga tidak heran bila persaingan bisnis antar blogger pun kini juga ikut meningkat tajam.

Sebuah blog bisa dikatakan sukses apabila mereka berhasil mendatangkan banyak pengunjung dan membuatnya betah berlama-lama di blog tersebut. Karenanya, keberadaan desain yang menarik dan pengolahan database dari sebuah blog harus benar-benar diperhatikan dalam proses pembuatannya. Jika blog yang kita buat kurang optimal, maka bisa dipastikan bahwa pengunjung pun enggan untuk mampir di blog Anda, dan jangan harap mereka mau berlama-lama menikmati semua konten yang ada di blog Anda.

Lalu, kira-kira apa yang membuat blog Anda ditinggalkan pengunjung? Berikut faktor-faktor yang perlu kita hindari agar pengunjung tidak berpaling ke blogger lain.

1. Tampilan desain yang kurang menarik
Faktor pertama yang sering diperhatikan pengunjung adalah tampilan desain blog yang Anda gunakan. Apabila tampilan desainnya kurang menarik, tidak rapi, serta memiliki navigasi yang kurang baik. Maka pengunjungpun merasa tidak nyaman dan cukup kesulitan untuk menemukan informasi yang mereka cari, sehingga tidak menutup kemungkinan bila mereka segera meninggalkan blog Anda dan berpindah ke situs-situs lainnya.

2. Susah diakses/loading lama
Para pengunjung cenderung menghindari beberapa situs yang susah diakses alias memiliki loading page lama. Sebagus apapun informasi yang ditampilkan, namun apabila blog tersebut susah untuk diakses maka pengunjung pun enggan untuk berkunjung. Hingga pada akhirnya mereka lebih memilih situs lainnya yang mudah untuk diakses dari browser apapun.

3. Pemilihan warna yang kurang bersahabat
Ide kreatif dari para pemula untuk menampilkan desain blog yang unik, terkadang malah membuat pengunjungnya merasa tidak nyaman ketika membaca konten-konten yang diberikan. Misalnya saja dalam hal pemilihan warna background maupun tulisan yang diluar standar warna pada umumnya (putih untuk background dan hitam untuk warna tulisan). Pemilihan warna yang mencolok hanya akan mempersulit konsumen untuk membaca informasi, sehingga mereka tidak betah berlama-lama di blog Anda.

4. Duplikasi konten
Copy paste konten mungkin memudahkan Anda dalam menjalankan bisnis online, namun Anda harus ingat bahwa pengunjung tidak menyukai informasi yang sudah kadaluarsa atau sama persis dengan informasi di situs-situs lainnya. Sebab, konten tersebut kurang bermanfaat bagi para user dan hanya akan dianggap spam (sampah) oleh search engine.

5. Terlalu banyak iklan
Meskipun iklan menjadi sumber pendanaan yang cukup potensial bagi bisnis online, tapi Anda harus memperhatikan pula posisi serta jumlah iklan yang terpasang pada blog Anda. Jangan sampai keberadaan iklan-iklan tersebut malah mengganggu fokus para pengunjung, sehingga mereka tidak bisa menikmati konten serta informasi yang Anda berikan.

Semoga informasi tips bisnis online ini bisa bermanfaat bagi para pembaca. Jangan pernah bosan untuk belajar, dan selalu lakukan evaluasi untuk mendapatkan hasil yang optimal. Salam sukses.

Kesalahan Dalam Membuat Blog Perusahaan

Ada 5 kesalahan Dalam Membuat Blog Perusahaan

Mempromosikan perusahaan melalui dunia maya, tentunya bukan perkara baru lagi bagi sebagian besar pelaku usaha. Perkembangan informasi dan internet yang semakin hari semakin pesat, ternyata mendorong para pelaku usaha untuk mempromosikan bisnisnya melalui berbagai macam situs online, misalnya saja dengan membuat sebuah blog untuk mempromosikan perusahan yang mereka jalankan.

Sebuah blog sengaja dipilih para pelaku usaha, karena media ini dinilai cukup efektif untuk mempromosikan produk maupun jasa mereka serta mampu mendongkrak traffic kunjungan dengan baik. Melalui fasilitas-fasilitas yang tersedia, para blogger bisa menginformasikan berbagai macam informasi menarik tentang perusahaannya dan lebih mendekatkan diri dengan para calon konsumennya. Tidaklah heran bila sekarang ini hampir semua pelaku usaha mencoba memaksimalkan pemasaran bisnisnya melalui media online tersebut.

Nah, sebelum Anda tertarik untuk ikut terjun langsung mempromosikan perusahaan melalui media blog. Berikut ini saya informasikan 5 kesalahan dalam membuat blog perusahaan, yang sering dilakukan para pelaku usaha.

1. Perencanaan yang kurang matang
Terkadang para pelaku usaha tidak merencanakan dengan matang strategi promosi online yang akan mereka jalankan. Hal inilah yang membuat tujuan promosi kurang jelas, dan pembuatan blog perusahaan pun menjadi kurang maksimal. Contohnya saja hanya memanfaatkan blog gratisan, menganggap remeh peranan sebuah blog, dan menganggap kegiatan blogging itu bisa dilakukan dengan mudah. Sehingga blog perusahaan tidak dikelola dengan baik, dan kontennya pun kurang menarik para konsumen.

2. Konten yang kurang menarik
Sebagian besar blog perusahaan hanya menyajikan konten tentang seluk-beluk perusahaan, tentunya blog semacam ini kurang menarik di mata para konsumen. Sehingga banyak konsumen yang merasa bosan mengunjungi blog tersebut dan pada akhirnya berimbas pada traffic kunjungan yang relatif kecil. Untuk menyiasati kesalahan seperti itu, sebaiknya variasikan informasi yang Anda publish pada blog perusahaan. Misalnya saja memberikan berita-berita ringan, berbagi tips yang bermanfaat, serta memberikan informasi tentang perkembangan perusahaan dengan gaya bahasa yang bersahabat.

3. Pengelolaan yang belum maksimal
Kesalahan ketiga yang sering dilakukan pelaku usaha yaitu kurang konsisten dalam mengelola blog perusahaan. Mereka menjadikan blog perusahaan sebagai project sampingan, sehingga pengelolaannya juga dikerjakan di sela-sela kesibukan mereka. Kondisi inilah yang menjadikan blog perusahaan terkesan kurang profesional, karena konten yang dipublish belum bisa rutin dan terkesan sepi dari aktivitas perusahaan. Untuk mengatasinya, sebaiknya tunjuk orang-orang khusus untuk mengelola blog tersebut secara maksimal. Mulai dari mengisi konten secara rutin, melayani interaksi  atau komentar konsumen dengan baik, hingga melakukan promosi blog ke berbagai forum online.

4. Gagal membangun jaringan bisnis
Ketika memutuskan untuk membuat blog perusahaan, tentunya pelaku usaha memiliki tujuan utama untuk menjaring link atau partner kerja sebanyak-banyaknya. Namun, sayangnya sampai hari ini tidak semua pelaku usaha berhasil membangun jaringan bisnis. Kurangnya aktivitas blogging menjadi salah satu faktor kegagalan dalam membangun jaringan bisnis. Karena itu, sebaiknya mulailah dengan aktivitas blogging secara rutin, menjalin komunikasi dengan pelaku bisnis lainnya dan menggunakan fasilitas tukar link untuk memperluas jaringan bisnis yang Anda miliki.

5. Strategi promosi blog yang masih pasif
Para pelaku usaha cenderung pasif dalam mempromosikan blog perusahaan dan memilih menunggu para konsumen yang datang mengunjungi blog mereka. Strategi inilah yang sebenarnya kurang efektif, sehingga keberadaan blog perusahaan tersebut belum diketahui banyak orang. Maka dari itu, cobalah untuk sedikit lebih aktif dan mempromosikan blog Anda melalui berbagai situs media online. Contohnya saja melalui situs jejaring sosial (facebook dan twitter) yang sekarang ini sedang marak di kalangan masyarakat, aktif di forum-forum online, memasang iklan baris dan iklan baner yang gratisan maupun berbayar, serta masih banyak lagi strategi promosi lainnya yang bisa Anda jalankan untuk mempublikasikan blog perusahaan.

Semoga informasi tips bisnis online pada artikel ini bisa memberikan banyak manfaat bagi para pembaca dan membantu para pemula yang tertarik menekuni bisnis online. Manfaatkan perkembangan internet sebaik-baiknya, dan dapatkan untung besar setiap bulannya.

Membahas Tentang Affiliate Marketing


Salah satu model bisnis yang populer di dunia internet marketing atau bisnis di internet adalah affiliate marketing. Seseorang yang baru belajar internet marketing, umumnya disarankan untuk belajar affiliate marketing karena prosesnya lebih mudah dibanding membuat dan menjual produknya sendiri. Anda bisa membaca artikel mengenai 17 Kelebihan Affiliate Marketing jika ingin tahu alasannya.
Affiliate marketing itu sebenarnya model bisnis yang dari dulu sudah ada, cuma namanya saja yang sekarang tampak canggih, padahal dari dulu aktifitas bisnis seperti ini sudah ada yaitu bisnis makelar atau perantara. Bedanya cuma affiliate marketing itu bekerjanya di dunia internet / online sehingga bisa saja disebut makelar online.

Contoh Kasus Makelar Offline
Contoh makelar offline atau makelar di dunia nyata yang gampang diceritakan adalah di bisnis jasa pernikahan. Semisal salon A adalah penyedia baju pengantin dan make up bagi calon pengantin. Si Wati cocok dengan disain baju pengantin salon A dan memutuskan untuk mengambil paket yang disediakan salon A yaitu baju pengantin dan make-up / rias pengantin. Jika pemilik salon A adalah orang yang pintar jualan (kebanyakan orang salon memang pintar jualan), dia akan menawarkan ke si Wati untuk mengambil sekalian dekorasi panggung pengantin dengan harga yang menurut pemilik salon A adalah murah dan bagus. Tentu saja pesannya harus lewat pemilik salon A agar bisa lebih murah. Ingat kata kuncinya ‘lewat‘. Si Wati setuju untuk memesan dekorasi panggung pengantin lewat pemilik salon A. Belum selesai sampai disini, si pemilik salon A menanyakan kembali ke si Wati, apakah sudah memesan mobil pengantin. Tentu saja biasanya belum, kan masih 3 bulan lagi nikahnya. Jadilah si Wati selain membeli baju pengantin dan paket rias di salon A, juga memesan mobil pengantin dan dekorasi panggung lewat si pemilik salon A. Si pemilik salon A jelas akan menerima komisi dari pemilik jasa dekorasi panggung dan pemilik jasa sewa mobil pengantin. Ini adalah hubungan yang win-win atau menang-memang. Si Wati jadi tidak repot harus mencari jasa dekorasi panggung dan sewa mobil pengantin, dan juga bisa mendapatkannya dengan harga lebih murah. Si pemilik salon A dapat komisi. Si penyedia jasa dekorasi panggung dan jasa penyewaan mobil pengantin juga untung walaupun mereka harus bayar sedikit komisi karena order jadi masuk tanpa harus susah-susah cari. Itulah cara kerja makelar offline.

Cara Kerja Affiliate Marketing / Makelar Online
Nah sekarang bagaimana cara kerja makelar online atau affiliate marketing? Lihat diagram di bawah ini untuk lebih jelasnya.

Affiliate Marketing Diagram

Secara sederhana bisa dijelaskan tugas utama dari seorang affiliate marketer adalah mengirimkan visitor / pengunjung sebanyak-banyaknya ke website merchant / toko. Saat visitor / pengunjung itu melakukan pembelian atau melakukan suatu transaksi di website merchant, si merchant akan tahu bahwa visitor itu datang dari Anda dan oleh sebab itu Anda akan diberi komisi oleh merchant tersebut. Bagaimana si merchant bisa tahu visitor itu datang dari Anda?

Ketika seorang visitor yang datang ke website affiliate Anda dan meng-klik sebuah link yang membawanya ke website merchant, pada saat itu sebenarnya ada proses di belakang layar yang terjadi. Sebuah cookie, sebuah istilah teknis, yang sebenarnya adalah sebuah file kecil yang ditaruh di komputer pembeli saat mereka meng-klik link ke website merchant. Cookie ini berguna untuk memberitahu si merchant bahwa visitor / pengunjung tadi datang dari affiliate / makelar yang mana sehingga tidak akan terjadi si merchant salah memberikan komisi ke affiliate lain.

Yah cuma itu saja sebenarnya affiliate marketing. Sederhana bukan? Ya emang sangat sederhana, apakah mudah? Tidak selalu. Anda perlu melakukan kerjanya untuk berhasil di affiliate marketing, sama seperti bisnis apapun. Ingat ini sebuah bisnis, bukan sebuah lotere.

Di luar negeri, hampir semua merchant / toko yang menjual produk dan jasa memiliki program affiliate. Dari nama besar seperti : Walmart, Home Depot, eBay, Yahoo, Dell, HP, Sony hingga merchant-merchant kecil yang kemungkinan besar belum pernah Anda dengar namanya. Ada ribuan atau bahkan puluhan ribu merchant yang memiliki program affiliate. Sehingga sebagai seorang affiliate marketer, Anda tidak akan pernah kekurangan produk / jasa yang mau di promosikan. Justru sebaliknya, Anda seringkali akan bingung mau mempromosikan produk / jasa / penawaran yang mana. Waktu setiap orang hanya maksimal 24 jam, Anda harus memilih merchant atau program affiliate yang mana yang mau Anda promosikan.

Untuk mengetahui kelebihan melakukan affiliate marketing dibanding model bisnis yang lain, silakan baca artikel: 17 Kelebihan Affiliate Marketing. Sukses buat Anda!

Keuntungan Affiliate Marketing


Affiliate marketing adalah satu satu model bisnis atau cara menghasilkan income dari internet yang paling populer. Ini adalah satu satu model bisnis yang di sarankan untuk Anda lakukan, jika Anda belum mempunyai produk yang bagus untuk dijual. Seorang affiliate marketer yang sukses bisa menghasilkan ratusan ribu US dollar per bulannya atau Milyaran Rupiah per bulannya. Jadi jangan remehkan model bisnis yang sederhana ini. Jika belum tahu apa itu affiliate marketing, silakan baca post terdahulu yang berjudul: Membahas Tentang Affiliasi Marketing

Setiap model bisnis ada kelebihan dan kekurangan tetapi affiliate marketing adalah salah satu model bisnis yang bagus. Ada 17 kelebihan atau keunggulan dari melakukan affiliate marketing dibanding usaha konvensional atau model bisnis yang lain :
  • Tidak ada biaya produksi
Tingginya biaya untuk mengembangkan dan membuat produk baru umumnya mencegah banyak orang untuk membuat produk sendiri. Dengan affiliate marketing, biaya produksi bukanlah sebuah masalah karena produk sudah dikembangkan dan sudah terbukti, dengan uang merchant.
  • Biaya awal yang rendah
Dibandingkan dengan membangun sebuah toko di pinggir jalan, menjadi seorang affiliate marketer hanyalah sebuah meja, komputer yang terkoneksi internet dan beberapa software bantu.
  • Tidak ada biaya atau lisensi 
Seorang distributor di dunia nyata seringkali harus membayar biaya lisensi untuk dapat memasarkan produk di area tertentu yang terbatas. Program affiliate berkebalikan, umumnya gratis untuk bergabung dan area yang menjadi target pemasaran tidak terbatas.
  • Dapat menjual apa saja
Di negara modern dan maju, hampir semua barang dibeli secara online. Di masyarakat negara berkembangpun banyak barang mulai dibeli secara online seperti buku, software, elektronik, CD dan lain-lain. Ada puluhan ribu program affiliate yang bisa Anda pilih untuk dipromosikan.
  • Tidak membutuhkan pengalaman sales / menjual
Ketika anda memulai affiliate marketing, Anda tidak membutuhkan pengalaman sales. Umumnya merchant menyediakan materi marketing yang bagus yang dapat digunakan di website affiliate yang kita buat.
  • Tidak perlu ada karyawan
Setiap orang yang pernah membuat bisnis pasti tahu bagaimana rasanya memiliki karyawan. Tanpa ada karyawan, bisnis akan terasa lebih menyenangkan. Hal itu dimungkinkan dengan adanya bisnis affiliate marketing.
  • Tidak menanggung biaya pemrosesan order
Untuk memproses order secara online, merchant perlu membayar biaya merchant account, fee pemrosesan kartu kredit, fee bila terjadi kartu kredit fraud / curian, fee refund / pembatalan order dll. Sesuatu yang tidak perlu ditanggung atau dipusingin oleh seorang affiliate marketer.
  • Tidak perlu ada stok barang
Sebagai seorang affiliate marketer, Anda dapat menjual item besar seperti furniture, barang elektronik tanpa perlu pusing dengan tempat stok barang.
  • Tidak perlu memproses order
Lupakan masalah yang bisa timbul karena mengumpulkan nama, alamat, kartu kredit dan lain-lain. Merchant yang menghandle semua itu.
  • Tidak perlu repot melakukan pengiriman
Biaya dan keruwetan untuk menyiapkan dan mengirim produk ke pelanggan di seluruh dunia benar-benar menakutkan saya. Saya pernah di bisnis produksi kaset training pembicara top di Indonesia. Saat order lagi banyak-banyaknya, saya harus lembur-lembur untuk menyiapkan dan mengirim barang ke pemesan walaupun saya sudah ada karyawan untuk membantunya.
  • Tidak perlu ada Customer Service
Punya pelanggan adalah hal yang bagus, tetapi saat harus menghadapi komplain pelanggan dan kadang-kadang memang ada pelanggan yang benar-benar bawel dan cerewet, Anda akan bersyukur sebagai affiliate marketer karena merchant Anda yang harus menangani semua itu.
  • Menghasilkan uang ketika anda tidur
Bisnis seperti apa yang memungkinkan Anda terus beroperasi 24 jam selama 365 hari walaupun Anda sedang tidur, pulang ke rumah dan bahkan liburan? Di affiliate lah solusi jawaban-nya.
  • Pasar seluruh dunia
Internet adalah pasar terbesar di dunia. Anda bisa mendatangkan visitor / pengunjung ke toko online Anda dari seluruh dunia.
  • Bekerja dari rumah
Bekerja dari rumah seringkali menjadi impian bagi banyak pekerja yang harus menghabiskan waktu lama hanya untuk sampai ke tempat kerja. Orangtua jadi punya waktu yang lebih banyak untuk keluarga saat bekerja dari rumah.
  • Bekerja darimana saja di dunia
Ini adalah salah satu alasan melakukan affiliate marketing, jika anda ingin travelling ke manca negara dan seluruh indonesia dan tetap bisa memonitor bisnis anda, anda hanya memonitor-nya dengan sebuah laptop yang terkoneksi internet.
  • Resiko kecil
Jika Anda tidak berhasil mendapat income dari produk yang Anda promosikan, buang saja, ganti denga produk lain dengan mengganti link di website Anda. Cuma itu saja. Tidak ada kontrak / komitmen yang mengharuskan Anda menjual produk tertentu.
  • Potensi penghasilan yang besar
potensi income yang Anda hasilkan tergantung kerja keras Anda dan impian Anda. Seperti yang dibilang di awal, ada affiliate marketer yang menghasilkan ratusan ribu US dollar atau Milyaran rupiah per bulan, bukan per tahun. Tetapi ada juga affiliate marketer yang puas dengan hasilkan sepuluh juta rupiah per bulannya. Itu pilihan Anda sendiri.

Walaupun punya
kelebihan-kelebihan seperti yang dijelaskan diatas, affiliate marketing bukannya tidak ada kekurangan. Ada banyak materi untuk belajar affiliate marketing di internet, silahkan di search google saja. Anda pasti akan senang melihat betapa banyak materi gratis yang bisa anda pelajari mengenai topik ini. Artikel ini hanya berusaha untuk menyederhanakan informasi yang perlu Anda ketahui tentang Affiliate Marketing, semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi pedoman sebelum anda memulai memilih bisnis online apa yang pas buat anda. 

Salam sukses dalam berbisnis online.