Social Bookmarking Indonesia



Mungkin dari Anda sudah tidak asing lagi dengan sosial bookmarking, iya fungsi dari Sosial Bookmarking untuk mensosialkan blog atau web yang kita miliki, ya tentunya juga bisa mendongkrak page rangk di blog kita, dan sosial bookmarking yang dofollow dan yang mempunyai pagerangk yang tinggi pasti digandrungi ama pemilik situs baik itu blog atau web, okay mari kita liad sosial bookmarking apa aja yang bisa kita gunakan untuk mensosialisasikan blog kita, ya tentunya sosial bookmarkingnya milik dalam negeri dungk, Berikut catatan sejumlah situs social bookmarking Indonesia yang barangkali menarik untuk Anda pertimbangkan:

1. Lintas Berita
Kalau Anda akrab dengan Digg, salah satu situs social bookmarking populer, pasti Anda tidak akan merasa asing dengan tampilan dan cara bekerja Lintas Berita. Secara sederhana, dengan menjadi anggota Lintas Berita, Anda bisa mengirimkan posting blog Anda di situs Lintas Berita dan memiliki peluang untuk mendapatkan voting dari para pembaca Lintas berita. Semakin banyak yang memberikan voting, semakin besar peluang datangnya traffic ke blog Anda. Lintas Berita juga menyediakan widget submit dan vote yang bisa Anda pasang di blog ber-platform WordPress dan Blogspot. Silahkan klik ikon Lintas Berita disudut kanan atas posting ini untuk mencoba men-vote artikel ini.

2. Republik Blog
Salah satu keunikan Republik Blog adalah konsepnya sebagai "peta Blogger Indonesia". Ya, benar-benar peta. Tampilan ala petanya memanfaatkan fitur Google Maps. Jika ingin mendaftar, Anda cukup memilih lokasi Anda, menuliskan nama dan RSS Feed Anda. Selesai. Anda juga bisa memberikan vote Anda untuk artikel-artikel yang ter-sindikasi di Republik Blog.

3. Kilasan
Konsep Kilasan hampir sama dengan Lintas Berita. Situs social bookmarking yang dibuat oleh Thomas Arie Setiawan ini memberi kesempatan setiap anggotanya untuk mengirimkan posting artikel dan memberikan vote artikel yang dianggap menarik. Kilasan juga memberikan widget yang bisa Anda pasang di blog Anda.

4. Blog-m
Blog-m adalah pilihan lain situs social bookmarking Indonesia. Tampilannya menarik, simple, dengan navigasi yang mudah dipahami. Namun jika boleh jujur, sebenarnya tampilan situs-situs social bookmarking Indonesia nyaris seragam karena sama-sama menggunakan framework Pligg. Tapi kalau memang sudah ada yang bagus, kenapa harus bikin sendiri yang baru ya? :) Kekurangan Blog-m, setidaknya saat ini, adalah belum menyediakan widget untuk memudahkan Anda mengirim posting artikel atau melakukan vote dari blog Anda.

5. Tell.web.id
Tell.web.id nampaknya adalah situs social bookmarking terbaru diantara sejumlah situs social bookmarking Indonesia yang lain. Karena masih baru, content-nya pun masih sedikit. Saya tidak tahu persis apakah Tell.web.id ditujukan hanya untuk blogger Indonesia. Melihat TOS-nya yang ditulis dalam bahasa Inggris, sepertinya Tell.web.id ingin go-international juga. :)

6. IndoTag
Melihat tampilan IndoTag, sebenarnya tidak berbeda dengan Lintas Berita, Kilasan atau Tell.web.id. Namun jika melihat content-nya, nampaknya IndoTag lebih fokus sebagai music bookmarking dan bukan social bookmarking. Anggotanya juga ternyata tidak cuma dari Indonesia. Jujur, saya tidak tahu kenapa IndoTag yang dipilih sebagai nama situs ini. Tapi jika Anda memiliki blog bertema musik, tidak ada salahnya mendongkrak traffic blog Anda dengan menjadi anggota IndoTag.

Dari keenam situs social bookmarking Indonesia diatas, mana yang terbaik? Saya tidak berani bilang. Hehehe. Tergantung kebutuhan Anda juga. Tapi tidak ada salahnya juga memanfaatkan keenam-enamnya jika memang Anda ingin memaksimalkan usaha mempromosikan blog Anda. Toh gratis kok. :)

Jika Anda memiliki informasi tentang situs social bookmarking Indonesia yang lain, silahkan sampaikan masukan Anda di kolom Komentar.

1 comments:

blog pajak mengatakan...

terima kasih infonya akan saya coba di blog saya

Posting Komentar

Silahkan jika ada pertanyaan dan beri tanggapan anda dengan berkomentar disini ...